A – Z Cybercrime Series : Vishing

Dengan semakin betambahnya pengguna smartphone, maka semakin berkembang juga pengguna mobile banking yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan secara online, sehingga serangan jenis vishing juga makin marak. Vishing yang merupakan kombinasi antara “suara” dan phishing adalah sebuah kejahatan yang memanfaatkan voice mail, VoIP (voice over Internet Protocol), telepon rumah atau telepon seluler untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi, pribadi dan keuangan dari masyarakat untuk mendapatkan imbalan finansial dengan melakukan pencurian identitas, atau bisa juga dilakukan untuk menipu korban seolah-olah korban adalah pemenang dari undian tertentu dan diminta untuk melakukan transfer ke rekening tertentu sebagai syarat untuk mendapatkan hadiah.

Di Indonesia sendiri sangat banyak kasus seperti ini terjadi. Di Sulawesi Selatan, korban vishing ini sudah mencapai angka puluhan orang, dengan kerugian masing-masing berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tindakan pencegahannya, yakni selalu berhati-hati atau saat menerima pesan yang mengarahkan mereka untuk menelepon dan memberikan kartu kredit atau nomor bank atau untuk melakukan transfer ke rekening tertentu. Bila ragu, segera menghubungi nomor telepon perusahaan yang tercantum pada laporan tagihan atau sumber resmi lainnya.

Sumber: http://rakyatsulsel.com/ini-modus-penipuan-lewat-telepon-seluler-di-sulsel.html

Leave a Reply